DESKRIPSI TES TOEP DI PLTI

 

Test of English Proficiency, yang disingkat TOEP, adalah tes kemahiran berbahasa Inggris, yang diselenggarakan dengan sistem online. Tes ini mengukur tingkat kemampuan berbahasa Inggris, utamanya kemampuan memahami isi teks lisan dan tertulis, baik yang tersirat maupun yang tersurat.

Dengan sistem online ini, semua soal disajikan lewat layar monitor dan dikerjakan langsung pada layar tersebut dengan mengikuti perintah lisan yang diperdengarkan lewat headphone dan/atau perintah tertulis yang tersaji dalam layar. Jadi, dalam mengerjakan tes ini peserta bersandar sepenuhnya pada kerja perangkat peralatan elektronik yang telah tersedia di meja tes. Oleh sebab itu, peserta tidak perlu membawa alat tulis apapun untuk mengerjakan tes; bahkan dilarang membawa alat apapun ke meja/tempat duduk tes agar konsentrasi tidak terganggu.

Untuk dapat mengikuti tes online ini, peserta harus memiliki keterampilan komunikasi maya, yang terdiri atas: (1) keterampilan dasar mengoperasikan komputer; (2) keterampilan mengakses informasi sesuai dengan prosedur teknis jaringan; dan (3) keterampilan memberikan jawaban terhadap pertanyaan dengan teknik jaringan sesuai dengan perintah. Terkait dengan hal ini, agar mengenali cara kerja tes online ini, para peserta diwajibkan mengikuti paket Tutorial dan mengerjakan Dummy Test (contoh soal) sebelum mengerjakan paket soal.

Paket soal TOEP terdiri atas dua bagian: Listening (50 butir soal) dan Reading (50 butir soal). Bagian tes Listening berlangsung selama 45-50 menit dan Reading selama 60 menit. Jadi keseluruhan waktu tes berkisar 105-110 menit. Tidak ada istirahat atau jeda antara kedua bagian tes tersebut.

Soal-soal Listening hanya disajikan sekali (tidak diulang). Maka ketika peserta telah pindah ke nomor soal berikutnya, dia tidak dapat kembali ke soal sebelumnya. Jadi perbaikan jawaban tidak mungkin dilakukan. Sebaliknya, dalam mengerjakan soal-soal Reading, peserta dapat kembali ke soal-soal sebelumnya dalam waktu yang masih tersedia. Maka, perbaikan jawaban soal yang pernah dikerjakan dapat dilakukan jika dikehendaki.

Skor masing-masing peserta akan muncul di layar monitor. Skor yang muncul sama dengan jumlah jawaban yang benar; jadi, tidak ada penalti (pengurangan) untuk jawaban yang salah. Oleh sebab itu, peserta seyogyanya menjawab semua soal.

I. PENYELENGGARAAN TES TOEP (TEST OF ENGLISH PROFICIENCY)

A. Pengantar

Tes TOEP diselenggarakan oleh Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI), dengan TEFLIN sebagai penanggung jawab terhadap substansi dan Tim TI sebagai penanggung jawab terhadap sistem teknik online. TEFLIN adalah singkatan dari the Association for the Teaching English as a Foreign Language in Indonesia), suatu organisasi profesi yang beranggotakan dosen-dosen bahasa dan sastra Inggris dan instruktur bahasa Inggris di seluruh Indonesia, sebagai anggota perorangan, dan lembaga pendidikan yang bergerak dalam pendidikan dan pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing di Indonesia sebagai anggota kelembagaan.

PLTI melaksanakan tes TOEP dengan berkolaborasi dan bekerja sama dengan Pusat Layanan Tes (PLT) yang ada di perguruan tinggi, yang telah menyatakan kesediaannya untuk bekerjasama dengan memenuhi persyaratan teknis yang telah ditentukan demi kelancaran jalannya tes online. Selain itu, kerja PLTI dalam menyelenggarakan tes juga didukung oleh layanan Call Centre.

PLT dikelola oleh seorang kepala, yang dibantu oleh teknisi jaringan dan tenaga administrasi sesuai dengan kebutuhan. Tim Pengelola seyogyanya diangkat oleh Pimpinan PTN/S terkait. Di samping itu, penyelenggaraan tes TOEP juga perlu didukung oleh ketersediaan pengawas dengan jumlah sesuai ketentuan, yaitu 1 pengawas mengawasi 15 (lima belas) orang peserta tes.

Call Centre dipimpin oleh seorang penganggung jawab dan dibantu oleh teknisi dan operator sesuai dengan kebutuhan. Singkat kata, ada penyelenggara tingkat PLTI di pusat dan tingkat PLT di perguruan tinggi mitra, yang ketika menyelenggarakan tes difasilitasi oleh Call Centre dalam memecahkan masalah teknis yang timbul. Untuk masing-masing tingkat penyelenggaraan telah disusun prosedur operasi standar (POS), yang juga dimuat dalam laman http://plti.co.id .Silakan membacanya dengan cermat.

 

B. Penyelenggara Pusat untuk Tes TOEP

Tes TOEP di tingkat pusat diselenggarakan oleh PLTI yang memperoleh dukungan kolaboratif dari TEFLIN, Tim TI, dan Call Centre. TEFLIN memberikan dukungan substansial, sedangkan Tim TI dan Call Centre memberikan dukungan teknis jaringan. Masing-masing pihak memiliki tugas yang diuraikan di bawah.

  1. TEFLIN: Tugas dan Tanggung jawab

TEFLIN mengemban tugas dan tanggung jawab berikut:

  1. memastikan perangkat tes TOEP valid dan reliabel;
  2. menyusun prosedur operasi standar (POS) TOEP;
  3. melakukan sosialisasi penyelenggaraan TOEP (melalui laman PLTI);
  4. merencanakan dan mengoordinasikan penyelenggaraan TOEP
  5. memantau kesiapan pelaksanaan TOEP;
  6. menetapkan waktu pelaksanaan TOEP;
  7. melakukan supervisi terhadap proses pelaksanaan TOEP;
  8. memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan TOEP;
  9. menerbitkan sertifikat TOEP ke PLT; dan
  10. membuat laporan pelaksanaan, termasuk menganalisis hasil tes TOEP untuk tujuan pengembangan lebih lanjut.

 

  1. Tim TI: Tugas dan Tanggung Jawab

Tim TI mengemban tugas-tugas berikut:

  1. mengonfirmasi jadwal yang telah disusun oleh PLT sesuai dengan plotting;
  2. menetapkan lokasi tes untuk menjamin jumlah minimal peserta terpenuhi;
  3. memastikan soal-soal sudah benar-benar siap digunakan
  4. memastikan bahwa soal-soal TOEP siap dikirim ke PLT
  5. menyiapkan Akun untuk masing-masing peserta;
  6. mengirim soal-soal TOEP ke PLT sesuai dengan jadwal;
  7. memantau dan memastikan bahwa tes berjalan sesuai dengan prosedur baku;
  8. membantu mengatasi masalah teknis yang timbul selama tes berlangsung;
  9. menarik hasil pengerjaan tes;
  10. memastikan ketersediaan data tentang skor peserta sesuai dengan lokasi tes (PLT) untuk keperluan pencetakan sertifikat segera setelah tes selesai; dan memberikan kesempatan kepada TEFLIN untuk mengakses nama dan skor peserta;
  11. membuat laporan tentang pelaksanaan tugas untuk satu masa tes.

 

  1. Call Centre: Tugas dan Tanggung Jawab

Call Centre memiliki tugas utama untuk mengatasi masalah mendesak (kondisi darurat selama tes berlangsung). Secara rinci tugas Call Centre dapat diuraikan sebagai berikut:

  1. mengatur penugasan teknisi jaringan dan operator;
  2. mengelola berbagai masalah yang dikeluhkan oleh PLT;
  3. berkoordinasi dengan Tim TI untuk mengatasi masalah teknis mendesak;
  4. membuat laporan tentang pelaksanaan tugas untuk satu masa tes; dan
  5. menyampaikan laporan pelaksanaan tugas dalam satu masa tes ke PLTI.

 II. BAHAN TOEP

  1. Jumlah Butir Soal dan Alokasi Waktu TOEP

TOEP terdiri atas 100 butir soal dengan alokasi waktu 105 sampai 110 menit. Distribusi waktu sebagai berikut:

 

 

Section

Butir Soal

Waktu Pengerjaan

1.

Listening

50

45-50 menit

2.

Reading

50

60 menit

Jumlah

100 butir

105-110 menit

 

B. Penyajian Soal

Seperti telah disebut sebelumnya, semua butir soal disajikan secara online. Butir-butir soal Listening hanya disajikan sekali (tidak ada pengulangan). Butir-butir soal Reading disajikan di layar selama waktu tersedia (sampai waktu tes habis). Jika dikehendaki, peserta dapat melakukan scroll up/down untuk membaca kembali teks yang diinginkan guna memperbaiki jawaban.

 

III. PENGELOLAAN HASIL TES TOEP

A. Penyekoran

Berikut ini beberapa butir penting tentang penyekoran:

  1. Penyekoran dilakukan oleh sistem secara otomatis.
  2. Skor adalah banyaknya jawaban yang benar; tidak ada pengurangan skor untuk jawaban yang salah.
  3. Rentang skor hasil tes adalah 0-100.
  4. Skor hasil tes dapat dilihat langsung di layar monitor setelah tes selesai dikerjakan.

 B. Sertifikat Hasil Tes

Berikut ini beberapa butir penting tentang sertifikat TOEP:

  1. Skor hasil tes TOEP disampaikan kepada peserta dalam bentuk sertifikat.
  2. Sertifikat diterbitkan oleh TEFLIN melalui PLTI, dan disampaikan melalui PLT disertai surat pengantar atau langsung ke alamat peserta melalui pos lebih kurang 2 (dua) minggu setelah pelaksanaan tes.
  3. Sertifikat berlogo TEFLIN berisi data peserta tes (nama, skor, foto, tempat dan tanggal penerbitan), dilengkapi QR-code dan dinyatakan sah tanpa menggunakan tanda tangan. Format sertifikat terlampir.

 

IV. PEMANTAUAN, EVALUASI, DAN PELAPORAN

Dua butir penting tentang pemantauan, evaluasi dan pelaporan adalah sbb.:

  1. Pemantauan, evaluasi dan pelaporan dilakukan oleh Petugas PLTI sesuai dengan tugas dan
  2. Perguruan tinggi penyelenggara melaporkan pelaksanaan TOEP dengan mengisi format yang telah disediakan PLTI.

 

V. BIAYA TES TOEP

Biaya tes TOEP sebesar Rp300.000,00 per peserta untuk satu kali tes dibayarkan ke PLTI melalui Bank Mandiri (lihat prosedur pembayaran). Perlu diperhatikan bahwa bagi peserta yang sudah melakukan pembayaran, uang TIDAK DAPAT ditarik kembali dengan alasan apapun. Bagi peserta yang tidak dapat mengikuti tes sesuai jadwal yang ditentukan, maka hak mengikuti tesnya dianggap HANGUS. Oleh karena itu pastikan Anda memilih jenis tes,tempat pelaksanaan tes dan waktu tes yang SESUAI.

 

VI. SANKSI

Di bawah ini adalah sanksi bagi peserta, pengawas ruang dan perguruan tinggi penyelenggara yang melanggar tata tertib:

  1. Peserta tes TOEP yang melanggar tata tertib diberi peringatan oleh pengawas ruang. Apabila peserta telah diberi peringatan dan tidak mengindahkan peringatan tersebut, maka pengawas ruang tes mencatat dan mengusulkan peserta tes TOEP tersebut untuk dibatalkan keikutsertaannya. Masalah ini ditulis dalam berita acara.
  2. Pengawas ruang yang melanggar ketentuan POS dibebastugaskan dan diganti oleh yang lain, serta tidak diikutsertakan dalam kegiatan PLTI berikutnya.
  3. Kepala PLT yang melanggar ketentuan POS diusulkan untuk diganti dan untuk selanjutnya tidak diikutkan dalam kegiatan PLTI.
  4. Semua pelanggaran yang dilakukan oleh pengawas ruang dan Kepala PLT dilaporkan kepada pimpinan lembaga asal yang bersangkutan.